Mata Kuliah ini mencakup pembahasan yang
menyeluruh tentang falsafah ilmu dan adab. Perkuliahan ini menjawab pertanyaan-pertanyaan
mendasar pada problem keilmuan dimulai dari pengertian Ilmu, sumber-sumber
Ilmu, proses mengilmui, dan tentang adab sebagai isu sentral dalam kehidupan
manusia dari sudut pandang Islam. Kuliah ini berusaha menjelaskan persoalan
ilmu secara filosofis, dari makna dasarnya, konsepsi, aspek historis dan
bangunan empiriknya, dengan merujuk langsung kepada sumber-sumber primer dan
sekunder yang ada. Peserta kuliah juga akan dikenalkan dengan pengelompokan
ilmu, bagaimana tradisi ilmu dapat terbentuk, relasinya dengan agama, dan
diskursus mengenai Adab dan Islamisasi Ilmu.
- Pengajar: MUHAMMAD IRHAM
- Pengajar: RENNI HIDAYATI
- Pengajar: AYU PERMATA
- Mahasiswa: Fikri Al Najri
- Mahasiswa: Raqib Alhabsy
- Mahasiswa: Adilla Ardhani
- Mahasiswa: Annisa Aurellia
- Mahasiswa: Niska Awiddah Anas
- Mahasiswa: Fadila Dasilva
- Mahasiswa: Yendri Diana Putri
- Mahasiswa: Cakrawala Dwi Jagad
- Mahasiswa: Andika Dwi Rangga
- Mahasiswa: Vina Eka Prasetiani
- Mahasiswa: Salwa Helvia
- Mahasiswa: Nur Husniati
- Mahasiswa: Ulfa Nabila
- Mahasiswa: Ilham Noer Zahid
- Mahasiswa: Rindu Rahma Putri
- Mahasiswa: Amanda Safitri
- Mahasiswa: Nasywata Salsabila
- Mahasiswa: Mariska Sapitri
- Mahasiswa: Adinda Sholeha
- Mahasiswa: Salsabilla Tasya Rivani
- Mahasiswa: Muhammad Vikri Fahrezi
- Mahasiswa: Yulia Wulan Purnama
- Mahasiswa: Mutiara Wulandari Elika
Matakuliah ini merupakan Tugas Akhir sebagai syarat menyelesaikan pendidikan diploma 3 Fisioterapi
- Pengajar: RENNI HIDAYATI
- Pengajar: SITI MUAWANAH
- Pengajar: AYU PERMATA
- Pengajar: NOVA RELIDA SAMOSIR
- Pengajar: Yose Rizal
- Pengajar: SARI TRIYULIANTI
- Pengajar: Ismaningsih, SST. FT UNIVRAB
- Mahasiswa: Andika Dwi Rangga
- Mahasiswa: Vina Eka Prasetiani
- Mahasiswa: Nasywata Salsabila
Mata
kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit
pada sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Pembahasan mata kuliah
ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis
data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan
terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan
fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan
konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. Mata kuliah
ini membahas proses tumbuh kembang mulai dari embrional, fetal, bayi,
anak-anak hingga lansia serta gangguan gerak dan fungsi pada tumbuh
kembang (pediatric dan geriatric). Pembahasannya meliputi patologi
problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan
diagnososis fisioterapi, perencanaan dan pelakasanaan fisioterapi,
evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian tindakan fisioterapi.
Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep
berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.
- Pengajar: AYU PERMATA
- Pengajar: SARI TRIYULIANTI
- Mahasiswa: Raqib Alhabsy
- Mahasiswa: Adilla Ardhani
- Mahasiswa: Annisa Aurellia
- Mahasiswa: Niska Awiddah Anas
- Mahasiswa: Fadila Dasilva
- Mahasiswa: Yendri Diana Putri
- Mahasiswa: Cakrawala Dwi Jagad
- Mahasiswa: Andika Dwi Rangga
- Mahasiswa: Vina Eka Prasetiani
- Mahasiswa: Salwa Helvia
- Mahasiswa: Nur Husniati
- Mahasiswa: Ulfa Nabila
- Mahasiswa: Ilham Noer Zahid
- Mahasiswa: Rindu Rahma Putri
- Mahasiswa: Amanda Safitri
- Mahasiswa: Nasywata Salsabila
- Mahasiswa: Mariska Sapitri
- Mahasiswa: Adinda Sholeha
- Mahasiswa: Salsabilla Tasya Rivani
- Mahasiswa: Amelia Ul Husna
- Mahasiswa: Muhammad Vikri Fahrezi
- Mahasiswa: Yulia Wulan Purnama
- Mahasiswa: Mutiara Wulandari Elika
Mampu melakukan proses fisioterapi secara mandiri yang dimulai dari proses anamnesis, pelaksanaan pemeriksaan Vital Sign & Spesifik, mampu menganalisa permasalahan gerak dan fungsi berdasarkan hasil pemeriksaan (masalah anatomi, fisiolgi dan kinematik), mampu menetukan program intervensi fisioterapi berdasarkan permasalahan pasien dan melakukan intervensi fisioterapi secara mandiri, mampu melakukan edukasi dan evaluasi dari intervesi fisioterapi yang diberikan dan mampu melakukan dokumentasi berupa catatan klinis seluruh proses fisioterapi dalam dokumentasi buku kepanitraan klinik.
- Pengajar: RENNI HIDAYATI
- Pengajar: ISMANINGSIH ISMANINGSIH
- Pengajar: SITI MUAWANAH
- Pengajar: AYU PERMATA
- Pengajar: NOVA RELIDA SAMOSIR
- Pengajar: Yose Rizal
- Pengajar: SARI TRIYULIANTI
Mata kuliah ini membahas gangguan gerak dan fungsi akibat kelainan pertumbuhan dan perkembangan serta proses menua Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada system muskuloskeletal. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. |
- Pengajar: SITI MUAWANAH
- Pengajar: Ismaningsih, SST. FT UNIVRAB
Mata kuliah ini membahas gangguan gerak dan fungsi akibat kelainan pertumbuhan dan perkembangan serta proses menua Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada system muskuloskeletal. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. |
- Pengajar: SITI MUAWANAH
- Pengajar: Ismaningsih, SST. FT UNIVRAB
Mata kuliah ini mempersiapkan peserta didik untuk mampu merencanakan pelayanan fisioterapi, mengorganisasi pelayanan fisioterapi dan menerapkan proses manajemen dalam organisasi pelayanan fisioterapi. Menerapkan prinsip kewirausahaan dan wirausaha praktek fisioterapi serta kerjasama dengan profesi terkait dalam pelayanan fisioterapi menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan pengelolaan pelayanan fisioterapi.
- Pengajar: AYU PERMATA
- Pengajar: Yose Rizal
- Mahasiswa: Zidhan Ahmad Elnaufalli
- Mahasiswa: Fikri Al Najri
- Mahasiswa: Raqib Alhabsy
- Mahasiswa: Meiliani Alisyia Putri
- Mahasiswa: Muhamad Amarsyah
- Mahasiswa: Syabella Annisa Lala
- Mahasiswa: Adilla Ardhani
- Mahasiswa: Annisa Aurellia
- Mahasiswa: Niska Awiddah Anas
- Mahasiswa: Fadila Dasilva
- Mahasiswa: Yendri Diana Putri
- Mahasiswa: Cakrawala Dwi Jagad
- Mahasiswa: Andika Dwi Rangga
- Mahasiswa: Vina Eka Prasetiani
- Mahasiswa: Muhammad Haikal Akbar
- Mahasiswa: Sepdina Harlianti
- Mahasiswa: Salwa Helvia
- Mahasiswa: Nur Husniati
- Mahasiswa: Vivi Kamelia Putri
- Mahasiswa: Ulfa Nabila
- Mahasiswa: Ilham Noer Zahid
- Mahasiswa: Zaki Nuzul Evan
- Mahasiswa: Metya Ragil Syahrani
- Mahasiswa: Rindu Rahma Putri
- Mahasiswa: Jihad Ramadhani
- Mahasiswa: M. Ridhan Muhafis
- Mahasiswa: Kurnia Rizkianto
- Mahasiswa: Amanda Safitri
- Mahasiswa: Nasywata Salsabila
- Mahasiswa: Mariska Sapitri
- Mahasiswa: Adinda Sholeha
- Mahasiswa: Salsabilla Tasya Rivani
- Mahasiswa: Amelia Ul Husna
- Mahasiswa: Muhammad Vikri Fahrezi
- Mahasiswa: Yulia Wulan Purnama
- Mahasiswa: Mutiara Wulandari Elika
Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. Mata kuliah ini membahas proses tumbuh kembang mulai dari embrional, fetal, bayi, anak-anak hingga lansia serta gangguan gerak dan fungsi pada tumbuh kembang (pediatric dan geriatric). Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnososis fisioterapi, perencanaan dan pelakasanaan fisioterapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.
- Pengajar: AYU PERMATA
- Pengajar: SARI TRIYULIANTI
- Mahasiswa: Raqib Alhabsy
- Mahasiswa: Syabella Annisa Lala
- Mahasiswa: Adilla Ardhani
- Mahasiswa: Annisa Aurellia
- Mahasiswa: Niska Awiddah Anas
- Mahasiswa: Fadila Dasilva
- Mahasiswa: Yendri Diana Putri
- Mahasiswa: Cakrawala Dwi Jagad
- Mahasiswa: Andika Dwi Rangga
- Mahasiswa: Vina Eka Prasetiani
- Mahasiswa: Hikmah Fajar
- Mahasiswa: Salwa Helvia
- Mahasiswa: Nur Husniati
- Mahasiswa: Ulfa Nabila
- Mahasiswa: Ilham Noer Zahid
- Mahasiswa: Rindu Rahma Putri
- Mahasiswa: Amanda Safitri
- Mahasiswa: Nasywata Salsabila
- Mahasiswa: Mariska Sapitri
- Mahasiswa: Adinda Sholeha
- Mahasiswa: Salsabilla Tasya Rivani
- Mahasiswa: Muhammad Vikri Fahrezi
- Mahasiswa: Mutiara Wulandari Elika