Mata Kuliah ini mencakup pembahasan yang menyeluruh tentang falsafah ilmu dan adab. Perkuliahan ini menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar pada problem keilmuan dimulai dari pengertian Ilmu, sumber-sumber Ilmu, proses mengilmui, dan tentang adab sebagai isu sentral dalam kehidupan manusia dari sudut pandang Islam. Kuliah ini berusaha menjelaskan persoalan ilmu secara filosofis, dari makna dasarnya, konsepsi, aspek historis dan bangunan empiriknya, dengan merujuk langsung kepada sumber-sumber primer dan sekunder yang ada. Peserta kuliah juga akan dikenalkan dengan pengelompokan ilmu, bagaimana tradisi ilmu dapat terbentuk, relasinya dengan agama, dan diskursus mengenai Adab dan Islamisasi Ilmu.

Matakuliah ini merupakan Tugas Akhir sebagai syarat menyelesaikan pendidikan diploma 3 Fisioterapi

Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.  Mata kuliah ini membahas proses tumbuh kembang mulai dari embrional, fetal, bayi, anak-anak hingga lansia serta gangguan gerak dan fungsi pada tumbuh kembang (pediatric dan geriatric). Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnososis fisioterapi, perencanaan dan pelakasanaan fisioterapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.

Mampu melakukan proses fisioterapi secara mandiri yang dimulai dari proses anamnesis, pelaksanaan pemeriksaan Vital Sign & Spesifik, mampu menganalisa permasalahan gerak dan fungsi berdasarkan hasil pemeriksaan (masalah anatomi, fisiolgi dan kinematik), mampu menetukan program intervensi fisioterapi berdasarkan permasalahan pasien dan melakukan intervensi fisioterapi secara mandiri, mampu melakukan edukasi dan evaluasi dari intervesi fisioterapi yang diberikan dan mampu melakukan dokumentasi berupa catatan klinis seluruh proses fisioterapi dalam dokumentasi buku kepanitraan klinik.

Mata kuliah ini membahas gangguan gerak dan fungsi akibat kelainan pertumbuhan dan perkembangan serta proses menua Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada system muskuloskeletal. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.


Mata kuliah ini membahas gangguan gerak dan fungsi akibat kelainan pertumbuhan dan perkembangan serta proses menua Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi. Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada system muskuloskeletal. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.


Mata kuliah ini mempersiapkan peserta didik untuk mampu merencanakan pelayanan fisioterapi, mengorganisasi pelayanan fisioterapi dan menerapkan proses manajemen dalam organisasi pelayanan fisioterapi. Menerapkan prinsip kewirausahaan dan wirausaha praktek fisioterapi serta kerjasama dengan profesi terkait dalam pelayanan fisioterapi menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan pengelolaan pelayanan fisioterapi.

Mata kuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Pembahasan mata kuliah ini meliputi patologi problematik fisioterapi, pengkajian dan analisis data, penentuan diagnosis fisioterapi, merencanakan dan melaksanakan terapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian semua tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.  Mata kuliah ini membahas proses tumbuh kembang mulai dari embrional, fetal, bayi, anak-anak hingga lansia serta gangguan gerak dan fungsi pada tumbuh kembang (pediatric dan geriatric). Pembahasannya meliputi patologi problematic fisioterapi, pengkajian dan analisa data, penentuan diagnososis fisioterapi, perencanaan dan pelakasanaan fisioterapi, evaluasi dan re-evaluasi serta pendokumentasian tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.