Pelatihan keterampilan pada modul ini merupakan bagian dari pelatihan
keterampilan klinik yang ditujukan agar mahasiswa memiliki
pengalaman dalam melakukan
assesment geriatri, pemeriksaan refleks
regresi, penulisan resep, serta anamnesis
psikiatri.
- Teacher: dr. Lasiah Susanti, MPH UNIVRAB
Pelatihan keterampilan pada modul ini merupakan bagian dari pelatihan
keterampilan klinik yang ditujukan agar mahasiswa memiliki
pengalaman dalam melakukan
assesment geriatri, pemeriksaan refleks
regresi, penulisan resep, serta anamnesis
psikiatri.
- Teacher: dr. Lasiah Susanti, MPH UNIVRAB
Modul 4.1 Organ Indera dan Integumentum adalah modul ilmu
kedokteran dasar ketujuh (terakhir) yang membahas mengenai
sistem indera dan integumen. Mahasiswa sebelumnya telah
membahas sistem sistem lain meliputi sistem saraf, sistem
muskuloskeletal, kardiovaskuler, respirasi, digestif dan urogenital.
Sehingga diharapkan dengan bekal yang telah diperoleh dari modul
sebelumnya mah asiswa bisa lebih mudah memahami modul ini
terkait fungsi organ indera dan integumentum.
Modul ini dilaksanakan dengan strategi PBL dengan diskusi
tutorial sebagai jantung dari seluruh kegiatan. Kegiatan belajar
yang lain meliputi kuliah, praktikum ilmu k eterampilan dasar dan
dan praktikum keterampilan klinis yang dilaksanakan di
laboratorium keterampilan, serta belajar mandiri yang dilaksanakan
untuk menunjang pencapaian tujuan pembelajaran.
Modul ini membahas organ
organ indera khusus yaitu mata,
telinga , dan sensasi kimiawi khusus. Selain itu, modul ini juga
membahas mengenai integumentum commune . Pokok bahasan
tersebut akan ditinjau dari segi ilmu biomedis dan ilmu preklinik
terkait mikrobiologi, patofisiologi, dan patologi. Ilmu klinik juga
diberikan pada modul ini untuk memperkenalkan mekanisme
keluhan yang terjadi pada organ organ tersebut. Ilmu klinis yang
dilibatkan a.l: Ilmu penyakit mata, ilmu penyakit kulit dan kelamin,
dan ilmu THT.
Modul ini terdiri dari empat submodul yaitu: 1) submodul kulit
,
2) mata, 3) telinga, 4) mikrobiologi dan patologi lanjut. Masing
masing submodul akan dilaksanakan dalam jangka waktu satu
minggu. Tiap submodul memiliki satu kegiatan inti berupa PBL
dengan satu trigger terkait submodul tersebut. Selain itu kegiatan
lai n yang mendukung PBL tersebut berupa: kuliah, praktikum, skill’s
lab
lab. Selain kegiatan tersebut yang rutin dilakukan tiap minggunya . Selain kegiatan tersebut yang rutin dilakukan tiap minggunya ada beberapa kegiatan lain seperti ada beberapa kegiatan lain seperti collaborative learning collaborative learning dan dan focus focus group discussion group discussion yang dilakukan pada minggu IV dan V.yang dilakukan pada minggu IV dan V.
Mod
Modul ini dilaksanakan selamaul ini dilaksanakan selama enam enam minggu yang terdiri dariminggu yang terdiri dari empat empat minggu aktif (minggu Iminggu aktif (minggu I--IIV), mingguV), minggu ujian ujian dandan hher er (minggu (minggu VV--VIVI).). Empat Empat minggu aktif dibminggu aktif dibagi menjadi empatagi menjadi empat submodul (masingsubmodul (masing--masing submasing submodul dilaksanakan dmodul dilaksanakan dalam jangka waktu satu minggu)alam jangka waktu satu minggu), , minggu kelminggu kelimaima dan keenamdan keenam dipakai sebagai minggu pendipakai sebagai minggu penuntasan untasan materi, ujianmateri, ujian, , dan dan herher.
- Teacher: dr. Neni Ristiani, M.Si