Pelatihan keterampilan pada modul ini merupakan bagian dari pelatihan keterampilan klinik yang ditujukan agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam melakukan assesment geriatri, pemeriksaan refleks regresi, penulisan resep, serta anamnesis psikiatri.

Pelatihan keterampilan pada modul ini merupakan bagian dari pelatihan keterampilan klinik yang ditujukan agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam melakukan assesment geriatri, pemeriksaan refleks regresi, penulisan resep, serta anamnesis psikiatri.

Modul 4.1 Organ Indera dan Integumentum adalah modul ilmu

kedokteran dasar ketujuh (terakhir) yang membahas mengenai

sistem indera dan integumen. Mahasiswa sebelumnya telah

membahas sistem sistem lain meliputi sistem saraf, sistem

muskuloskeletal, kardiovaskuler, respirasi, digestif dan urogenital.

Sehingga diharapkan dengan bekal yang telah diperoleh dari modul

sebelumnya mah asiswa bisa lebih mudah memahami modul ini

terkait fungsi organ indera dan integumentum.

Modul ini dilaksanakan dengan strategi PBL dengan diskusi

tutorial sebagai jantung dari seluruh kegiatan. Kegiatan belajar

yang lain meliputi kuliah, praktikum ilmu k eterampilan dasar dan

dan praktikum keterampilan klinis yang dilaksanakan di

laboratorium keterampilan, serta belajar mandiri yang dilaksanakan

untuk menunjang pencapaian tujuan pembelajaran.

Modul ini membahas organ

organ indera khusus yaitu mata,

telinga , dan sensasi kimiawi khusus. Selain itu, modul ini juga

membahas mengenai integumentum commune . Pokok bahasan

tersebut akan ditinjau dari segi ilmu biomedis dan ilmu preklinik

terkait mikrobiologi, patofisiologi, dan patologi. Ilmu klinik juga

diberikan pada modul ini untuk memperkenalkan mekanisme

keluhan yang terjadi pada organ organ tersebut. Ilmu klinis yang

dilibatkan a.l: Ilmu penyakit mata, ilmu penyakit kulit dan kelamin,

dan ilmu THT.

Modul ini terdiri dari empat submodul yaitu: 1) submodul kulit

,

2) mata, 3) telinga, 4) mikrobiologi dan patologi lanjut. Masing

masing submodul akan dilaksanakan dalam jangka waktu satu

minggu. Tiap submodul memiliki satu kegiatan inti berupa PBL

dengan satu trigger terkait submodul tersebut. Selain itu kegiatan

lai n yang mendukung PBL tersebut berupa: kuliah, praktikum, skill’s

lab

lab. Selain kegiatan tersebut yang rutin dilakukan tiap minggunya . Selain kegiatan tersebut yang rutin dilakukan tiap minggunya ada beberapa kegiatan lain seperti ada beberapa kegiatan lain seperti collaborative learning collaborative learning dan dan focus focus group discussion group discussion yang dilakukan pada minggu IV dan V.yang dilakukan pada minggu IV dan V.

Mod

Modul ini dilaksanakan selamaul ini dilaksanakan selama enam enam minggu yang terdiri dariminggu yang terdiri dari empat empat minggu aktif (minggu Iminggu aktif (minggu I--IIV), mingguV), minggu ujian ujian dandan hher er (minggu (minggu VV--VIVI).). Empat Empat minggu aktif dibminggu aktif dibagi menjadi empatagi menjadi empat submodul (masingsubmodul (masing--masing submasing submodul dilaksanakan dmodul dilaksanakan dalam jangka waktu satu minggu)alam jangka waktu satu minggu), , minggu kelminggu kelimaima dan keenamdan keenam dipakai sebagai minggu pendipakai sebagai minggu penuntasan untasan materi, ujianmateri, ujian, , dan dan herher.